Lompat ke isi utama

Berita

SAUT BOANG MANALU : HUMAS BAWASLU HARUS BERSINERGI DAN BERKOLABORASI DENGAN MEDIA-MEDIA EKSTERNAL.

Kordiv Humas, Saut Boang Manalu Memberikan Materi Kehumasan

Kordiv Humas, Saut Boang Manalu Memberikan Materi Kehumasan 

BAWASLU KAB. LANGKAT, – BERASTAGI,   Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Evaluasi dan Penguatan Pemberitaan Pemilu 2024 di Hotel Internasional Sibayak (HIS) Berastagi, Kabupaten Karo, pada Rabu (27/3/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kordiv Humas Datin Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, Kordiv SDM Bawaslu Sumut, Romson Poskoro Purba, serta Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, beberapa narasumber, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Romson Poskoro Purba menyatakan bahwa media adalah mitra penting dalam mempublikasikan tugas pengawasan pemilu yang sedang berlangsung dan memasuki tahapan Pilkada 2024. Dia menekankan pentingnya inklusi masyarakat dan penyampaian informasi yang akurat sesuai dengan tahapan pemilu.

"Saya kira itu yang terus kami dorong sehingga selain media, kita juga terus menyasar kelompok-kelompok masyarakat yang belum mendapatkan informasi yang lengkap tentang pemilu dan peran-peran mereka sebagai pemilih," jelasnya.

Bawaslu berharap agar melalui evaluasi pemberitaan ini, Bawaslu di tingkat kabupaten/kota dapat berperan aktif dalam menyampaikan informasi. Sedangkan Saut Boangmanalu menekankan peran strategis kehumasan Bawaslu dalam mendukung kerja-kerja Bawaslu, serta pentingnya sinergi dengan mitra media eksternal untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas.

Dalam pemaparan materi dan diskusi, Saut menyoroti kriteria penilaian kehumasan yang ditetapkan oleh Bawaslu RI dan pentingnya edukasi masyarakat melalui informasi pemilu. Empat hal penting dalam pencegahan juga dibahas, termasuk evaluasi bersama terhadap pelaksanaan pemilu, penyebaran informasi pemilu, edukasi pemilih, dan peran advokatif dan informatif terkait hak-hak pemilih.

Idris Pasaribu dari PWI Sumatera Utara sebagai narasumber menekankan pentingnya kualitas tulisan wartawan dalam memberitakan informasi. Dia juga menyatakan bahwa tidak perlu takut dalam berhadapan dengan wartawan, tetapi penting untuk memilih bagaimana menempatkan diri kepada wartawan atau media.