Lompat ke isi utama

Berita

7 KECAMATAN MEMBUTUHKAN PENGAWAS BARU, BAWASLU LANGKAT MEMBUKA UNTUK UMUM REKRUTMEN PANWASCAM TAHUN 2024

foto kegiatan penerimaan berkas panwascam existing

foto penerimaan berkas administrasi oleh panitia seleksi bawaslu kabupaten langkat

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Langkat telah menetapkan sejumlah nama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jalur existing untuk Pemilihan  Tahun 2024.

anggota bawaslu melakukan proses seleksi wawancara di grand stabat hotel, sabtu 27 april 2024

Setelah melalui proses sesuai petunjuk dan arahan Bawaslu RI bagi anggota Panwascam Pemilu Tahun 2024 diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri kembali sebagai Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024. Panwaslu _Existing_ ini akan dilakukan Evaluasi Kinerja dengan malalui penilaian portofolio dan penilaian atasan langsung, maka hasilnya  ditetapkan Panwascam Existing yang memenuhi syarat untuk kembali bertugas di Pemilihan Tahun 2024 sebanyak 58 orang, sedangkan sisanya gugur dan tidak memenuhi syarat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Langkat telah menetapkan sejumlah nama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jalur  existing untuk Pemilihan Tahun 2024.

Adapun Panwaslu Kecamatan Existing  yang ditetapkan dan memenuhi syarat untuk kembali bertugas di Pemilihan Tahun 2024 sebanyak 58 orang, sedangkan  11 orang gugur dan tidak memenuhi syarat.

Sementara jumlah keseluruhan anggota Panwascam untuk Pemilihan Tahun 2024 di 23 kecamatan se-kabupaten Langkat berjumlah 69 orang.

Hal ini dikemukakan oleh Koordinator Divisi SDMO dan Diklat dan Diklat Rika Sari.

“Panwascam Existing, dari yang mendaftar sebanyak 67 orang, lulus administrasi sebanyak 67 orang, 0 (nol) orang tidak lulus administrasi, 2 (dua) orang mengundurkan diri, dan yang lolos 58 orang, kekurangan yang dibutuhkan sebanyak 11  orang dan diharapkan peminatnya juga bertambah mengingat tahapan perekrutan Panwascam Pemilihan untuk Tahun 2024  juga berbarengan dengan tahapan perekrutan PPK, PPS untuk Pilkada, terangnya.

Rika Sari juga menyebutkan bahwa “Nilai portofolionya dan penilaian atasan langsung (Bawaslu Langkat) tidak mencukupi batas minimal nilai yang sudah ditentukan,” katanya.

Ia mengatakan, jumlah kebutuhan 11 orang itu hanya tersebar untuk 7 kecamatan saja, seperti diketahui tiap kecamatan membutuhkan 3 orang Panwascam sedangkan Kabupaten Langkat terdiri dari 23 kecamatan maka total kebutuhannya 69 orang.

Sementara untuk kebutuhan 11 orang di 7 kecamatan akan dilakukan penerimaan melalui metode pendaftar baru.

Penerimaan pendaftaran hanya dibuka selama 3 hari dan sebelumnya Bawaslu Langkat telah melakukan tahapan sosialisasi bahwa akan ada perekrutan Panwascam Pilkada di  media sosialnya, penerimaan berkas dibuka mulai Minggu (5/5/2024) sampai Selasa (7/5/2024).

Pendaftaran dapat diperpanjang pada 8 Mei, jika pendaftar di kecamatan belum memenuhi dua kali kebutuhan. Setelah itu berkas persyaratan diteliti dan diproses 9-11 Mei dan hasilnya akan diumumkan 12 Mei.

peserta panwascam existing yang mengikuti seleksi 27 april 2024
ketua bawaslu langkat supriadi, S.H turut mengawasi secara langsung proses berjalannya tahapan seleksi

Bawaslu Langkat akan menggelar rapat pleno penetapan Calon Anggota Panwascam Pilkada pada 22 Mei. Lalu diumumkan pada 23 Mei. Panwascam Pilkada yang terpilih akan dilantik dan dilakukan pembekalan pada 24-25 Mei.

Adapun sebaran jumlah kebutuhan Panwascam Pilkada untuk jalur pendaftar baru di 7 kecamatan terdiri dari :

  1. Brandan Barat
  2. Besitang
  3. Sawit Seberang
  4. Secanggang
  5. Sei Bingei
  6. Sirapit
  7. Wampu

klik banner di bawah ini untuk melihat pengumuman …

 

Penulis : Humas Kabupaten Langkat (fadil)